Alamat | : | Jalan Prof. Dr. H. Abdurrahman Basalamah Ex. Jl Racing Center No. 101, Panakkukang - Makassar 90231 |
Telp | : | 0411-447508 |
Faks | : | 0411-459938 |
: | info@unifa.ac.id | |
Web | : | komunikasi.unifa.ac.id |
Program Studi (Prodi) Ilmu Komunikasi, Fakultas Ekonomi dan Ilmu-Ilmu Sosial, Universitas Fajar, menghasilkan lulusan profesional dalam Jurnalistik, Public Relations, dan Broadcasting yang bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, cinta tanah air, cakap berkomunikasi, berjiwa entrepreneur, berintegritas tinggi, mengedepankan semangat berkolaborasi, berpikir kritis, kreatif, inovatif, menguasai teknologi informasi dan analisis big data, memiliki kepedulian sosial yang tinggi, pantang menyerah, menjadi pembelajar berkesinambungan, serta mampu menunjukkan kinerja yang mandiri, bermutu, dan terukur.
Prodi ini didukung oleh Fajar Group, sebuah korporasi media terbesar di Indonesia Timur dengan lebih dari 200 anak perusahaan yang dapat menjadi tempat pembelajaran mahasiswa di luar kampus melalui proses pemagangan. Peluang ini dapat diberikan kepada lulusan Ilmu Komunikasi Universitas Fajar yang tentu saja akan diutamakan dalam setiap rekrutmen Fajar Group.
Proses pembelajaran pada Prodi Ilmu Komunikasi Universitas Fajar mengedepankan kurikulum dengan pendekatan Outcome Based Education (OBE) dan teah mengimplementasikan program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) yang memberikan mahasiswa pengalaman belajar 3 semester di luar Prodinya.
Penerapan pembelajaran bauran (hybrid learning) pun diterapkan dan ditunjang dengan adanya learning management system (LMS) HyLS Universitas Fajar. HyLS ini memfasilitasi mahasiswa dalam pelaksanaan pembelajaran baik secara daring maupun luring. Tidak hanya itu, mahasiswa pun diberi pengalaman praktikum di Prodi yang ditunjang dengan berbagai laboratorium studio mulai dari TV, radio, Podcast, Fotografi, hingga Komputer Multimedia. Mahasiswa diharapkan mampu melakukan praktik produksi secara siaran, podcast, Youtube Channel, karya foto, film, desain grafis, media jurnalistik cetak, portal berita online, serta program kampanye media mainstream dan media sosial.
• Industri Media Massa dan Segala Industri dengan Divisi Komunikasi dan Kehumasan.
• Instansi Pemerintah (Pegawai Negeri Sipil).
• Badan Usaha Milik Negara atau Daerah (BUMN/BUMD)
• Instansi Swasta
• Konsultan Komunikasi dan Media
• Mendirikan penerbitan.
• Mendirikan perusahaan desain.
• Mendirikan perusahaan event organizer.
• Menjadi Master of Ceremony (MC)
• Sektor sains dan riset.