Logo

Pelepasan Pesera KKN-E XV, Unifa Komitmen Dukung Pembangunan Desa

Kuliah Kerja Nyata Entrepreneur (KKN-E) kembali digulirkan Universitas Fajar tahun ini. Pelepasan peserta KKN-E berlangsung secara daring, Senin (15/1/21).Program KKN-E XV yang bertema Pulang Kampung ini tidak hanya sebagai rutinitas tahunan tetapi juga sebagai salah satu upaya membentuk lulusan sebagai kader pembangunan di masa depan.

Kepala Unit KKN-E Unifa, Muhammad Yusuf Ali,ST., MT menjelaskan program ini merupakan salah satu mata kuliah wajib bagi mahasiswaTujuannya, untuk memberikan pengalaman belajar kepada mahasiswa melalui keterlibatan secara langsung di masyarakat, memberikan kesempatan untuk mengembangkan pemikiran berdasarkan Ipteks secara dan multidisiplin.

"Melalui program KKN-E Pulang Kampung yang dilaksanakan didaerah asal masing-masing peserta KKN kami berharap dapat pula untuk meningkatkan empati dan kepedulian mahasiswa kepada masalah yang dihadapi oleh masyarakat, meningkatkan kedewasaan dan kepribadian, meningkatkan daya saing nasional, dan jiwa peneliti, serta memelihara dan meningkatkan hubungan dan kerjasama antara Unifa dan Pemerintah Daerah, instansi terkait dan masyarakat,"jelas Yusuf.

Diketahui pelepasan peserta KKN-E XV tahun 2021 ini diikuti sebanyak kurang lebih seratus mahasiswa Unifa ini dilakukan secara daring dan diikuti oleh petugas kelurahan didaerah masing-masing peserta KKN di Sulawesi Selatan.

Acara Pelepasan ini juga dihadiri oleh Rektor Unifa, Dr. Muliyadi Hamid, SE.,M.Si. Dalam sambutannya ia menyampaikan melalui program KKN-E diharapkan mahasiswa bisa menjadi problem solver yang ada dimasyarakat dan didaerah tempat merk melaksanakan KKN-E ini.

"Sebagai salah satu bentuk pelaksanaan dari Tri Dharma Perguruan Tinggi, program yang nantinya akan dilaksanakan oleh mahasiswa peserta KKN-E ini juga menjadi salah satu upaya untuk memahami permasalahan nyata di masyarakat dan juga memberikan solusi pemecahannya sesuai dengan bidang keilmuan masing-masing. Dengan demikian diharapkan nantinya ketika lulus, mahasiswa bisa menjadi lulusan yang paham akan persoalan dan bisa membumi serta bisa turun langsung ke masyarakat," tegas Muliyadi.

Walaupun ditengah pandemi Covid-19 yang belum berakhir, hal tersebut tidak menyurutkan semangat dari para peserta KKN-E pulang kampung dalam menyusun program-program yang nantinya akan mereka laksanakan selama masa KKN-E dengan tetap memperhatikan dan menerapkan protokol kesehatan yang berlaku.



Dipost Oleh Super Administrator

Seorang administrator bagian HUMAS Universitas Fajar

Tinggalkan Komentar