Loading...
Logo

Mahasiswa Unifa Dapat Kesempatan Kerja Usai Magang

Ketgam: SEPAKAT. Direktur SDM PT Pelindo IV (Persero) M Asyhari (kedua) bersama Rektor Unifa Muliyadi Hamid menunjukkan nota perjanjian kerja sama di Kantor PT Pelindo IV (Persero), Selasa 12 Maret.

*Unifa Jalin Kerja Sama dengan Pelindo IV

Kabar baik bagi peserta Program Magang Mahasiswa Bersertifikat (PMMB). Khusus di lingkup PT Pelindo IV (Persero) mereka mendapat kesempatan kerja untuk mengabdi di kantor yang mengurusi bagian pelabuhan di wilayah Timur Indonesia itu usai menjalani magang.

Jaminan kerja ini disampaikan Direktur SDM PT Pelindo IV (Persero) M Asyhari dalam penandatanganan Perjanjian Kerja Sama PT Pelindo IV (Persero) dengan Universitas Fajar (Unifa) serta sejumlah kampus lainnya di Kantor PT Pelindo IV, Selasa, 12 Maret. Dalam kegiatan ini, Asyhari menyebutkan jaminan kerja tersebut akan diberikan jika mahasiswa magang memenuhi sejumlah kriteria yang dipersyaratkan.

“Kami ingin merancang dengan sejumlah BUMN lain yang melaksanakan PMMB untuk membuat ikatan dinas. Kami akan memberikan jaminan mahasiswa yang melaksanakan magang, mereka bisa lanjut kerja di PT Pelindo IV (Persero),” jelas Asyhari.

Kesempatan kerja ini akan berlaku jika mahasiswa yang yang melaksanakan magang dapat membuat pernyataan mereka akan mengabdi ke Pelindo IV. Setelah selesai magang PMMB, mahasiswa yang kembali ke kampus akan ditanggung oleh Pelindo IV. “Asalkan mereka bersedia mengabdi ke Pelindo, ikatan dinas ini akan berlaku. Apalagi, mereka akan diberi peluang kerja ke Pelindo,” tambah Asyhari.

Menurut Asyhari, program PMMB ini sangat membantu Pelindo IV dalam menyiapkan SDM yang dibutuhkan sesuai kebutuhan. Makanya, magang ini menjadi ajang bagi Pelindo IV untuk mencari SDM yang memadai sesuai dengan kebutuhan. 

Rektor Unifa, Muliyadi Hamid menyebutkan, program PMMB merupakan upaya pemerintah untuk memperbaiki SDM masyarakat. Apalagi, target pemerintah, seperti yang disampaikan Asyhari, SDM telah dianggap sebagai aset sehingga sudah sangat perlu untuk dilakukan investasi.

“PMMB ini dilaksanakan dengan kualifikasi khusus karena mahasiswa yang menjadi pesertanya disiapkan untuk menghadapi dunia kerja. Makanya, apa yang diberikan ke mahasiswa bukan lagi teori semata tapi juga praktik kerja yang sesuai dengan kemampuan dan kualifikasi yang diinginkan,” tutur Muliyadi.

Usai melaksanakan PMMB, nantinya mahasiswa akan memperoleh dua sertifikat. Pertama sertifikat industri bahwa telah melaksanakan magang di BUMN yang ditunjuk. “Kedua sertifikat kompetensi bahwa mahasiswa itu telah memenuhi kualifikasi untuk bekerja dengan kompetensi yang dimaksud,” kunci Muliyadi. (*)



Dipost Oleh Super Administrator

Seorang administrator bagian HUMAS Universitas Fajar

1 Komentar

Tinggalkan Komentar