Logo

Deswita Unifa Masuk 20 Besar Nasional

KOORDINASI. Tim Pendamping Unifa yang terdiri dari Nasrullah (kiri) dan Faris (kanan) saat melakukan koordinasi dengan Kabid Pengembangan Sumber Daya Wisata Pangkep, Andi Waris (tengah) di kantor Dinas Pariwisata Pangkep, Kamis (12/11/2020)

DESA Kabba, Kecamatan Minasatenne, Kabupaten Pangkajenne dan Kepulauan, Sulsel masuk 20 besar penilaian program Desa Wisata Terbaik (Deswita) 2020. Kabba merupakan desa yang didampingi Universitas Fajar (Unifa) untuk mengikuti Kegiatan Pendampingan Desa Wisata Regional II (Kalimantan, SUlawesi, Bali, NTB, NTT, Maluku, dan Papua) yang digelar Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

PIC Pendampingan Desa Wisata Unifa, Nasrullah, SST.Par., M.Sc. menyebutkan penilaian tersebut akan dilakukan pada 15-16 November mendatang di Desa Kabba. Ada dua juri yang akan melakukan penilaian pada saat kunjungan nanti.

“Kami sudah menerima surat dari kementerian mengenai rencana penilaian tersebut. Rencananya, mereka akan melihat langsung bagaimana progres pendampingan desa wisata tersebut dan sudah sejauh mana kesiapan desa tersebut untuk ditetapkan menjadi desa wisata,” jelas Nasrullah, Kamis (12/11/2020).

Nasrullah yang juga menjabat Ketua Program Studi Bina Wisata Unifa ini menambahkan, pihaknya bersama tim telah melakukan sejumlah kegiatan di Kabba dalam rangka persiapan program Deswita tersebut. Bahkan, mereka telah menggelar seminar dalam rangka kemitraan masyarakat bekerja sama dengan Pemerintah Desa Kabba dan Dinas Pariwisata Pangkep.

Seminar Desa yang mengangkat tema Pengelolaan Desa Wisata Untuk Kesejateraan Masyarakat ini untuk membantu warga, stakeholder, dan pemerintah dalam mempersiapkan Kabba sebagai Desa Wisata. Materinya membahas pembuatan master plan Desa Kabba, pengenalan desa wisata, sadar wisata, dan sapta pesona.

Wakil Sekretris Fakultas Teknik Unifa, Faris Jumawan ST MT menambahkan saat ini tim pendamping dari Unifa telah melakukan beberapa program di Desa Kabba. Antara lain membuat master plan Desa Kabba, melakukan pembinaan pengelolaan home stay desa wisata, dan memberikan pemahaman kepada masyarakat tentang pemanfaatan media sosial untuk pengembangan wisata. (humas)



Dipost Oleh Super Administrator

Seorang administrator bagian HUMAS Universitas Fajar

Tinggalkan Komentar